Cara Mengubah Alamat Blog di Blogger

Sobat tentu taukan cara membuat blog pada platform Blogger. Jelas, Blogger tidak dioperasikan dengan ketersediaan besar built-in plugin di mana sobat dapat klik dan menambahkan langsung ke blog sobat. Tapi ada banyak pilihan dan masih jauh lebih ramah HTML, sehingga sobat dapat menambahkan pihak ketiga atau HTML plugin berbasis JavaScript dengan sangat mudah. Memang benar bahwa masalah kualitas konten dalam blog bagi pembaca untuk merangkul blog sebagai sumber daya yang berharga. Selain konten, apakah sobat pernah berpikir tentang alamat blog sobat ? Maksud saya, URL dari blog Sobat. Apakah sobat ingin mengubah alamat blog sobat ?

Perlunya Perubahan Alamat Blog

Awalnya, sobat mungkin berpikir tentang blogging adalah barang-barang pribadi sobat, tetapi kini sobat dapat meninjau buku-buku favorit sobat atau menulis tentang media sosial, kehidupan, pemasaran online, dan yang lainnya
Jadi, apakah alamat blog sobat sesuai dengan konten sobat? Itu tidak perlu, tetapi akan membantu pengguna mengidentifikasi apa yang sobat share di blog tersebut, ditambah lebih banyak eksposur. Lagi pula sobat tidak ingin memiliki alamat blog dengan makna yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan konten blog sobat. Bayangkan sobat blogging tentang strategi pemasaran online dan nama blog sobat sebagai MyFamily. saya suka itu , tapi jangan mengikutinya. Ini tidak masuk akal. Aku juga hampir sama dengan itu, kan? :D Nama blog saya tidak mencerminkan apa yang kira untuk menawarkan, tapi aku merasa sangat keren dengan nama itu hehe, aku juga sangat menyukainya dan tidak memiliki makna berlawanan dibandingkan dengan konten karena tidak memiliki arti sama sekali. Apakah alamat blog sobat mudah untuk diingat? Itu pertanyaan yang bagus. Pikirkan tentang hal ini untuk sementara waktu.

Ini Sangatlah Mudah

Jika sobat bertanya-tanya bagaimana caranya, itu terlalu mudah sob. Membuat blog baru dengan alamat blog disukai dan ekspor konten yang ada untuk itu. Kedengarannya solusi yang sangat mudah, bukan? Tapi, itu bukan cara yang saya anjurkan, jika sobat ingin mengubah alamat blog saat sobat berada di subdomain blogspot. Sobat dapat mengubah alamat blog atau URL dari setiap blog yang ada tanpa memikirkan membuat blog baru dan mengekspor konten yang ada. sobat akan memiliki blog yang sama, namun URL yang berbeda. Pengaturan Blogger memungkinkan sobat untuk mengubah alamat blog sobat langsung dan satu-satunya persyaratan adalah bahwa URL blog baru sobat berpikir harus tetap tersedia untuk digunakan. Jika seseorang sudah menggunakannya, sobat harus cari lagi dengan URL yang lain. Bukankah sudah jelas? Jika sobat masih bingung tentang mengubah URL blog sobat, mari kita ikuti langkah langkahnya.

Langkah Langkah :

1. Masuk ke Dashboard Blogger.

2. Klik pada Judul Blog Sobat.

3 klik tab Settings dari panel kiri






4. Sekarang sobat akan menemukan Penerbitan pos di tab pengaturan dasar.

5. Klik link Edit sesuai dengan alamat blog sobat saat ini.




6. Masukkan alamat blog pilihan baru sobat di kolom teks aktif, lalu klik Simpan untuk mengkonfirmasi perubahan.

Catatan: Jika alamat blog baru sobat masih tersedia untuk sobat, itu akan menghemat tanpa masalah. Tapi jika tidak, sobat akan meminta untuk menggunakan nama lain.


 Catatan :

* Pastikan untuk memperbarui semua titik eksternal link ke blog sobat atau posting dengan alamat blog baru yang telah sobat pilih.

* Search engine akan memakan waktu untuk memperbarui perubahan baru sobat dalam hasil pencarian. Tapi sobat dapat memberitahukan perubahan sobat ke mesin pencari mereka secepat mungkin. Secara pribadi saya sarankan mengirimkan sitemap segar untuk mesin pencari. 




Semoga Bermanfaat Sob :D

53 komentar:

  1. jangan lupa silaturahmi ke blog q

    ReplyDelete
  2. maaf, saya sudah mengikuti prosedur diatas. tetapi kenapa belum bisa ke ganti? alhasih masih alamat lama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ulangi lagi, pastikan url yang barunya masih tersedia untuk di daftarkan :D

      Delete
  3. oh okay, akan saya coba lagi, terimakasih...

    ReplyDelete
  4. Pak,tlg bantu ak,aku pernah bikin blog tapi sepertinya saya nonaktifkan,belum ada post,kini mau saya hapus/sy ubah namanya.karena nama itu mau saya pakai untuk mengganti blog saya yg lain.saya sudah nyerah meski ingin sekali blog itu terhapus atau terganti namanya.
    maka saya minta tlg Pak nawawi utk mengatasinya.kalau Bapak berkenan nanti saya kirim email dan sandinya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah kalau saya bisa saya pasti bantu mas :)

      Delete
  5. Pak,tlg bantu ak,aku pernah bikin blog tapi sepertinya saya nonaktifkan,belum ada post,kini mau saya hapus/sy ubah namanya.karena nama itu mau saya pakai untuk mengganti blog saya yg lain.saya sudah nyerah meski ingin sekali blog itu terhapus atau terganti namanya.
    maka saya minta tlg Pak nawawi utk mengatasinya.kalau Bapak berkenan nanti saya kirim email dan sandinya.terima kasih.
    o..ya Pak,blog saya itu dashbor gak muncul.
    bares.blogspot.com.
    andai muncul saya bisa merubah urlnya dg panduan artikel bapak krn saya sudah mencoba merubah diblog lain bahkan lewat hp pun bisa.
    tapi bares ingin saya pakai diblog yg ingin sy kelola dg sungguh2.kini tipis harapan saya.semoga bapak benar2 berkenan membantu saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas saya kurang mengerti, maksudnya gimana? mas ini buat blog yang tdk terpakai (bares.blogspot.com), kemudian mas mau domain tersebut dihapus dan di alihkan ke blog mas yang baru. begitu atau bagaimana mas?

      Delete
  6. dah berhasil saya rubah Pak,tapi kunjungan ke blog saya drop parah yg sebelumnya 100-200 kunjungan perhari kini jadi 10per hari,apa nanti bisa baik sendiri ya Pak,
    maklum Pak sy baru belajar.
    Blok Pak Hamdan MANTAP

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tentu, bahkan bisa saja lebih dari 200 perday, tergantung kita yang mengelola blognya mas.

      * Pastikan untuk memperbarui semua titik eksternal dan internal link ke blog mas.
      * Search engine akan memakan waktu untuk memperbarui perubahan baru mas dalam hasil pencarian. inilah akibat menurunnya visitor. saya sarankan untuk mensumbit ke mesin pencari dan social bookmark.

      makasih mas. saya masih belajar :D

      Delete
  7. Thank Infonya Yaaa. .
    Sangat Bermanfaat Bagi Saya. .
    Mampir juga ditempat saya gan. .

    http://nengkirahmat.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. saya Nwbe, bahkan bikin blog mash blum ada isi artikelnya... Ntar kalo udah klar smua tulisan saya barulah akan Sya publich d blog saya... sya mw Tanya ni, Gmn Ya Caranya agar blog kita mudah d search d Google, sy dah cb keyword yg sama persis dgn yg sy tulis, tpi ampe bebrapa x lanjut halaman google msh blum jga muncuk... Mohon pencerahanx.. ! Tenkz be 4... !

    ReplyDelete
    Replies
    1. update post secara rutin gan, lebih baik 1 post tiap hari dari pada 5 post 1 hari dan dihari berikutnya ga ada ide buat post.
      Mas harus mengerti teknik SEO on page dan SEO off page :D salah satunya sumbit artikel mas ke webmaster, social bookmark, directory, dan jangan lupa juga untuk ping artikelnya :)

      Delete
  9. maaf pak tanya lagi,kalau mensubsit ke mesin pencari sy dah agak mengerti krn telah bc artikel Bpk tentang itu.tp kalau sosial bookmark maksudnya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk social bookmark banyak sekali, mas tinggal googling aja dan masukan keyword 'kumpulan social bookmark' dan lihat hasilnya sangat banyak sekali situs social bookmark. mas tinggal kunjungi situsnya kemudian daftar terlebih dahulu nah setelah sudah jd membernya mas bisa sumbit artikel di situs social bookmark tersebut.

      sebagai contoh ini salah satu sosial bookmark favorit saya - Lintas.me :D

      Delete
  10. thanks mas,, udah saya coba dan berhasil
    http://mymedian.blogspot.com/
    ditunggu atas kunjungannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan :D, sipp ane langsung meluncur gan :)

      Delete
  11. gan mau tanya
    sebelumnya saya mempunyai 2 email google yang terhubung satu dengan lainnya, ke 2 email tersebut telah saya buat blog, email 1 = neotheck.blogspot.com (telah saya hapus)
    email 2 = infocaripekerjaan.blogspot.com

    sewaktu saya ingin mendaftar ke google AdSense pada blog 2, ternyata nama blog yang terdaftar adalah neotheck.blogspot.com, bagai mana caranya, agar saya dapat merubah alamat blog saya menjadi infocaripekerjaan.blogspot.com

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya blog neotheck udah di hapus? kok bisa daftar adsense?
      untuk daftar adsense pd blog ke 2 saya sarankan pake email yang baru aja :D

      Delete
  12. bagus mas artikelnya
    sngt membantu

    ReplyDelete
  13. saya juga baru ganti alamat menjadi http://ceptiansuryana.blogspot.com.. ditunggu kunjungannya :D... tapi kenapa ya di google masih blum ada juga,. alias masih tertera nama blog yang lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ditunggu aja, perlu waktu gan :D

      Delete
  14. folow my blog gan faddhilmuhhamad.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. kalo di edit via mobile bisa gak sob? ,ane uda masuk dasboard tapi gak nemu setting buat edit URL

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, saya sudah coba pake hp nokia c3 di opera mini. langsung saja ke setting nanti juga ada url blognya nah disana lalu ganti dengan yang anda mau :D

      note: url harus masih tersedia atau belum terdaftar oleh siapapun :)

      Delete
  16. Eh uda nemu gan hha , uda keganti silahkan dikunjungi wepcorner.blogspot.com

    btw thanks membantu sangat :))

    ReplyDelete
  17. Ane harus banyak belajar dari ente gan soal cari pengunjung :v

    ReplyDelete
  18. nice info,,
    http://moeclazh.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. Pak, kalau ganti nama blog di blogspot, tapi sesudah ganti nama blog saya ingin berubah konsep berita dan olahraga. Apakah itu berdampak dengan tulisan blog sebelumnya (blog saya seputartvindonesia.blogspot.com)? Tapi apa itu bisa merubah ba ckground (template)? Rencananya saya model website seperti Anda. Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. thank gan, infonya, saya sudah mencoba dan berhasil :)

    ReplyDelete
  21. Thk
    http://proposalusaha-bisnisplan.blogspot.com/2014/04/jasa-pembuatan-proposal-usahabusiness.html?spref=fb&m=1

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung! Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan :D untuk komentar SPAM dan link aktif akan saya hapus.